Laporan Hasil Wawancara SMP YAKPI 1 DKI JAYA dan MTSN 18 JAKARTA








 1. Sejarah SMP YAKPI 1 DKI JAYA

berawal dari sekolah dasar Nurul Itihad, namun sangat disayangkan karena SD tidak memiliki murid yang cukup sehingga Yayasan mengambil tindakan untuk merubah SD menjadi SMP Yakpi 1 DKI Jaya ini. seiring berjalan waktu SMP Yakpi yang awalnya hanya memiliki 2 kelas, di tahun selanjutnya SMP Yakpi memiliki 3 kelas dan bertambah terus seiring dengan berjalannya waktu. Pada tahun ajaran 2023/2024 SMP Yakpi memiliki rekor tertinggi untuk sekolah ini dengan penerimaan peserta didik terbanyak yaitu sejumlah 223 peserta didik yang sebelumnya hanya ada 4 kelas sekarang menjadi 7 kelas dengan masing-masing terisi 36 peserta didik. dilihat dari perkembangan penerimaan peserta didik SMP Yakpi selalu mengalami peningkatan peserta didik.

 

2. Struktur Organisasi SMP Yakpi 1 DKI Jaya

berbeda dengan sekolah atau SMP negeri yang lain, SMP Yakpi ini memiliki kewenangannya tersendiri dalam struktur organisasinya. Ketua yayasan memgang wewenang tertinggi, setelah itu ada Badan pembina  yang bertugas untuk mengatur kebijakan apa saja yang bisa dilakukan oleh kepala sekolah, setelah badan pembina ada kepala sekolah. di SMP Yakpi terdapat 23 guru yang terdiri dari 2 guru BK dan 21 guru mata pelajaran dan 4 staf TU.




 

3. VIsi dan Misi Sekolah

disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekolah

 

VISI

 

"Unggul dalam prestasi berdasarkan taqwa, berakhlak mulia, cerdas, kreatif, inovatif, dan kompetitif" 

 

MISI

 

● Menumbuhkan semangat keunggulan kepada seluruh warga sekolah.
● Mendorong dan membantu siswa mengenali dan mengembangkan potensi dirinya secara optimal.
● Membiasakan perilaku agamis dalam kehidupan sehari-hari.
● Menerapkan manajemen partisipatif dengan lingkungan/masyarakat sekitar.

 

4. Peraturan dan Tata Tertib

Terdapat 2 Macam yaitu Pedagogik Guru yang mengatur tata tertib guru di sekolah dan Peraturan siswa.  Peraturan ini akan di sosialisasikan kepada orangtua siswa saat awal masuk tahun ajaran baru untuk mengetahui poin poin peraturan di sekolah yang akan disepakati bersama. Setiap siswa yang melanggar peraturan akan dikenakan poin, jika poin kenakalan yang terkumpul sudah banyak maka akan dipanggil orangtua siswa ke sekolah. 

Bentuk tata tertib yang di terapkan di sekolah meliputi.

• Siswa harus datang tepat waktu 
• Tidak Mengerjakan tugas
• Dilarang Merokok
• Tidak diperbolehkan membawa HP

 

 

5. Kurikulum yang diterapkan di sekolah ini masih kurikulum 2013, namun sedang masa percobaan untuk menerapkan kurikulum merdeka. Jadi sekolah mengkombinasikan kurikulum 2013 dengan kurikulum merdeka pada saat proses KBM, buku atau sumber bahasan materi yang dipakai masih berbasis kurikulum 2013. Namun bentuk raport yang dicetak sudah mengikuti kriteria kurikulum merdeka. 2024 mendatang sekolah ini akan menerapkan kurikulum merdeka secara keseluruhan. 

 

6. Implementasi kurikulum pendidikan islam di sekolah ini adalah dengan membiasakan siswa beragama Islam melakukan tadarus di pagi hari sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Meskipun SMP Yakpi 1 DKI Jaya ini merupakan sekolah umum, namun tetap menerapkan kurikulum keislaman mengingat mayoritas siswa SMP Yakpi DKI 1 Jaya ini merupakan penganut agama Islam. Selain itu sekolah juga meneraokan pembelajaran mengenai akhlak, walaupun bukan notabene nya bukan sekolah berbasis Islam, tetapi SMP Yakpi DKI 1 Jaya ini menyelipkan ajaran ajaran agama dalam setiap pembelajaran nya.

 

7. Pelaksanaan dari kurikulum PAI

Kurikulum pendidikan agama islam di Yakpi terlaksana dengan efektif dengan adanya pembiasaan. Pembiasaan yang dimaksud salah satunya adalah sholat berjamaah dan sholat dhuha bersama-sama. Kebiasaan sholat tersebut di atur oleh guru agama. Kalau untuk teori agama islam, dilaksankan di kelas masing-masing dengan guru agama. Kemudian untuk yang beragama non muslim juga disediakan ruangan untuk masing-masing beribadah sesuai dengan agama yang dianutnya. Jadi semua murid harus ada pembiasaan agama sesuai dengan yang dianutnya.

8. Nilai-nilai keislaman yg di terapkan kepada siswa dalam sehari hari

Untuk nilai keislaman di SMP 1 Yakpi, setiap pagi ada tradisi salam pada saat mau masuk kelas. Lalu untuk di dalam kelas, siswa juga diwajibkan berdoa sebelum belajar kemudia memberi salam untuk guru. Begitu juga ketika pelajaran selesai, siswa di akhiri dengan berdoa sebelum pulang. Kemudian jika siswa bertemu guru dimanapun, harus memberi salam. Karena di SMP 1 Yakpi ini sangat diterapkannya 5S yaitu senyum sapa salam sopan dan santun.

9. Peran guru dalam penerapan nilai nilai keislaman

Peran guru dalam nilai keislaman kepada siswa yaitu menerapkan doa bersama sebelum pembelajaran, begitu juga ketika pelajaran selesai maka harus diakhiri dengan doa juga. Selain itu siswa juga di wajibkan untuk membawa juz amma untuk dibaca dan dipandu oleh guru agama. Kemudian juz amma selain dibaca juga ada hafalan

 

10. Cara SMP Yakpi 1 DKI Jaya menciptakan lingkungan pembelajaran yang religius ini yaitu dengan adanya kegiatan-kegiatan agama yang diadakan secara langsung, seperti siswa siswi yang beragama Islam di wajibkan untuk solat di masjid sekolah dan bertadarus setiap pagi setelah dilaksanakannya apel pagi, kemudian yang beragama Kristen, Budha, dll. dimintai absen ataupun keterangan hadir dalam acara ibadah di tempatnya masing-masing. Tidak hanya itu untuk menciptakan suasana religius ini SMP Yakpi 1 DKI Jaya juga membiasakan untuk berdoa ketika memulai dan selesainya pembelajaran dikelas, serta membiasakan siswa dan siswi nya untuk memberikan salam ketika memamsuki ruangan ataupun bertemu dengan guru 

 

11. Tetapi dalam  menciptakan lingkungan pembelajaran yang religius ini tidak lah mudah, SMP Yakpi 1 DKI Jaya memiliki beberapa kendala seperti fasilitas ibadah, yang dimana masjid sekolah itu kapasitas nya kurang untuk menampung semua siswa yang ingin melaksanakan solat berjamaah, selanjutnya lingkungan yang kurang kondusif juga menjadi kendala dalam penerapan lingkungan pembelajaran yang religius ini

 

12. Dari kendala-kendala diatas, sekolah SMP Yakpi 1 DKI Jaya sudah merencanakan untuk membangun sekolah atau menambah ruangan yang nantinya dapat juga digunakan untuk penerapan lingkungan pembelajaran yang religius contohnya tadarus bersama didalam ruangan baru tersebut dan sekolah SMP Yakpi 1 DKI Jaya juga berencana untuk menambah dan memenuhi fasilitas yang dibutuhkan untuk siswa dan siswi yang berada di SMP Yakpi 1 DKI Jaya

 





13. Sejarah MTSN 18 Jakarta

MTSN 18 Jakarta adalah sebuah institusi pendidikan MTs negeri yang yang lokasinya berada di Satya Raya Cijantung 3, Kota Jakarta Timur. MTs negeri ini pertama kali berdiri pada tahun 1997. Saat sekarang MTSN 18 Jakarta memakai panduan kurikulum pemerintah yaitu kurikulum 2013. MTSN 18 Jakarta ditangani oleh seorang operator yang bernama Nadiya Nursabrina.Pada 2010, MTs Negeri 18 Cijantungmemiliki 87 pelajar lelaki dan 85 pelajar perempuan, menjadikan jumlah keseluruhan murid seramai 172 orang.

 







14. Visi misi MTSN 18 Jakarta

Visi

Terwujud nya sumber daya manusi berprestasi dalam IMTAQ dan IPTEK

Misi

1. Menyiapkan siswa yang memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi dengan landasan ilmu dan taqwa dengan akhlak mulia

2. Meningkat nya kemampuan profesional tenagakependidikan sesuai dengan bidang nya

4. Menjadikan MTSN 18 sebagai madrasah berbasis ICT, unggul dalam pengajaran ilmu dan teknologi

 

15. Peraturan dan Tata Tertib

• Siswa harus datang tepat waktu
• Dilarang merokok
• Dilarang membawa senjata tajam
• Dilarang membawa kendaraan bermotor
• Dilarang membawa HP
• Siswa laki laki wajib memakai kopiah dan siswa perempuan diwajibkan memakai jilbab dan baju lengan panjang

 

16. Kurikulum yang diterapkan di sekolah masih menggunakan kurikulum 2013 tetapi untuk kelas 7 sedang dalam tahap masa percobaan kurikulum merdeka maka dari itu bahan ajar pembelajaran di sekolah masih berbasis kurikulum 2013. Untuk penggunaan kurikulum merdeka sendiri baru diterapkan pada tahun 2022 berdasarkan amanat dari kementrian agama. Struktur kurikulum MTs ada dua yaitu pembelajaran intrakurikuler dan project penguatan profil pelajar pancasila

 


17Kurikulum yang diterapkan di sekolah masih menggunakan kurikulum 2013 tetapi untuk kelas 7 sedang dalam tahap masa percobaan kurikulum merdeka maka dari itu bahan ajar pembelajaran di sekolah masih berbasis kurikulum 2013. Untuk penggunaan kurikulum merdeka sendiri baru diterapkan pada tahun 2022 berdasarkan amanat dari kementrian agama. Struktur kurikulum MTs ada dua yaitu pembelajaran intrakurikuler dan project penguatan profil pelajar pancasila

 

18Implementasi kurikulum di sekolah ini adalah membiasakan tadarus di pagi hari dan setiap hari jum’at seluruh siswa diwajibkan membaca surat al kahfi secara bersama sama sebelum jam pelajaran dimulai dan berdoa penutup setelah mata pelajaran berakhir.

 

19. Nilai-Nilai keislaman ditambahkan dengan pembiasaan-kebiasaan sebelum pelaksanaan kegiatan KBM yaitu pembiasaan tadarus dan kebiasaan sholat yg selalu diterapkan setiap hari sebelum kegiatan KBM. Pada implementasinya, seperti wajib untuk salat berjamaahkemudian tata cara bagaimana cara mengambil wudhu yang benarkemudian mengetahui bagaimana cara berhubungan dengan temanBagaimana cara berhubungan dengan bapak ibu guru. Jika anak-anak sudah masuk ke lingkungan Madrasah wajib untuk menegur sapa dengan santun contohnya memberikan Assalamualaikum baik sesuai dengan temannya maupun dengan bapak ibu gurunya 

 

20. Program yang selalu berhasil diterapkan adalah pelaksanaan untuk membaca AL Quran yang langsung dipandu oleh bapak ibu guru, bahkan peran Guru di MTSN 18 Jakarta sangat mengayomi dan memberikan pengatahuan tana pamrih karena jika ada murid yang belum fasih membaca al quran maka akan dibantu untuk belajar membaca pada diluar jam kelas ataupun waktu yang telah dijanjikan Bersama. 

 

21. Para guru dan seluruh takeholder MTSN 18 Jakarta bukan hanya memberikan ilmunya saja tentang kompetensi yang dimilikinya saja tapi karakter-karakter agama juga di tanamkan. Pembiasan-pembiasaan itu kemudian diaplikasikan melalu berbagai kegiatan seperti perlombaan, pekan rohani di mana di pekan rohani tersebut akan mendapatkan tausiah dari Ustad dan dilanjutkan dengan ada tampilan dari anak-anak peserta didik yang telah dilakukan dari 2018. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan nilai-nilai Islam

 

22. Terkhusus adanya kendala kurikulum MTSN 18 Jakarta sampai saat ini selalu bisa ditangani dan diselesaikan karena Guru dan semua staff memiliki satu visi misi meningkatkan kualitas bukan hanya keilmuan-keilmuannya saja tapi dari segi akhlak dan ibadah. Kurikulum yang diterapkan dan berbagai program yang telah dijalankan pun selalu mendapatkan kemajuan serta peningkatan setiap tahunnya, hal tersebut karena lingkungan MTSN 18 Jakarta mendapatkan respon dan opartisipasi aktif yang baik yang telah diberikan oleh seluruh Stakeholder MTSN 18 Jakarta.

 

 


 

 

 

Comments